VIDEOGRAPHY
Matakuliah Sistem Studio Siaran TV (COH3D2) merupakan matakuliah wajib yang diajarkan pada Program Studi Ilmu Komunikasi peminatan Broadcasting. Mata kuliah ini diajarkan pada semester 5 kurikulum 2016.
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang sistem penyiaran televisi di sebuah perusahaan penyiaran televisi. Diawali dengan pengantar teknologi penyiaran dan perkembangannya, teknologi dasar televisi, teknologi media rekam, teknologi editing program TV, serta memahami, menerapkan dan mampu menganalisa tentang sistem studio televisi. Mata kuliah ini diharapkan melakukan kunjungan ke stasiun TV lokal maupun Nasional.
Mata kuliah ini telah diterapkan pada kurikulum 2014, namun pada saat itu, mata kuliah ini belum terfokus pada TV, didalamnya masih terdapat materi siaran radio. Pada kurikulum 2016 mata kuliah ini lebih memfokuskan pada studio siaran TV sehingga materi nya semakin lebih mendalam.
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah ini, Mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti yang sangat penting bagi peminatan Broadcasting. Dalam dunia pertelevisian, seorang broadcaster (pelaku industri televisi) selain dituntut skill (keahlian praktis) juga harus memiliki pengetahuan soft skill dan teori tentang teknologi dan filosofi yang terkandung didalam sebuah studio televisi. Alur kerja, fungsi, teknis serta manajemen harus diketahui dengan baik. Mata kuliah ini mengajarkan dan memberi pengetahuan tentang hal tersebut, membahas kasus-kasu yang terjadi dilapangan, kendala serta solusinya.
Pengantar Jurnalistik
Tujuan Mata Kuliah :
Standar Kompetensi :
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, prinsip-prinsip dasar, dan cuan norma/etika jurnalistik.
- Mahasiswa mampu menghasilkan karya jurnalistik berupa berita langsung dan dengan mengikuti prinsip dan etika jurnalisme yang benar.
Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif
KOMUNIKASI BISNIS
Mahasiswa mampu menganalisis potensi bisnis dan pasar yang tepat untuk mengembangkan ide bisnisnya, mengembangkan sikap entrepreneurship dan mampu menjalankan bisnis wirausaha dengan metode/pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (project-based learning), sehingga mampu berbicara di depan umum, berpikir kritis di dalam kelompok, berkolaborasi antar pribadi, membuat poster dan proposal PKM-K untuk di upload ke website simbelmawa. Kegiatan komunikasi bisnis yang dijalankan berbasis ICT dan mengedepakan nilai nasionalisme.
KOMUNIKASI BISNIS
Mahasiswa mampu menganalisis potensi bisnis dan pasar yang tepat untuk mengembangkan ide bisnisnya, mengembangkan sikap entrepreneurship dan mampu menjalankan bisnis wirausaha dengan metode/pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (project-based learning), sehingga mampu berbicara di depan umum, berpikir kritis di dalam kelompok, berkolaborasi antar pribadi, membuat poster dan proposal PKM-K untuk di upload ke website simbelmawa. Kegiatan komunikasi bisnis yang dijalankan berbasis ICT dan mengedepakan nilai nasionalisme.