Pengembangan Media 3 Dimensi
SUNDARI SUNDARI

Pengembangan Media 3 Dimensi

Deskripsi Mata Kuliah

Pemahaman teoritis disertai praktik tentang pengembangan media 3 dimensi, yakni: model dan boneka dengan mengkaji pengertian, jenis, Karakteristik serta prinsip-prinsip pengembangan model dan boneka dalam pembelajaran/pendidikan melalui metode pembelajaran saintifik.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah/Kompetensi

Memiliki tanggung jawab serta bekerja sama dalam mengoptimalkan dan memfasilitasi belajar melaui pengembangan media 3D sesuai dengan perkembangan peserta didik dan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/ Pelatihan.

Manajemen Pembelajaran
Ulfiatun Dwi Nurjanah

Manajemen Pembelajaran

Tahun Akademik:
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
PR-PR
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
Daftar Pustaka:

    Teknologi Pendidikan
    I Wayan Yoga Pratama

    Teknologi Pendidikan

    Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah wajib yang diampuh oleh 

    - 0002077308 : DR. ABDUL HAKIM, S.PD, M.SI
    - 0114028502 : ANDROMEDA VALENTINO SINAGA, S.S, M.Pd

    Pembelajaran ini menekankan pada 5 kawasan teknologi pendidikan yaitu:

    A.    Kawasan Desain

    B.    Kawasan Pengembangan

    C.    Kawasan Pemanfaatan

    D.    Kawasan Pengelolaan

    E.    Kawasan Penilaian


    Matakuliah Teknologi Pendidikan berada di bawah Prodi Teknologi Pendidikan (TP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Makassar (UNM).

    Teknologi Pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya. Teknologi Pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal ini Teknologi Pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, mengelola pemecahan masalah yang mencakup semua aspek belajar manusia.

    Teknologi Pendidikan juga merupakan suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

    Pengembangan Multimedia Pembelajaran
    ALFI DIAN MUISMI

    Pengembangan Multimedia Pembelajaran

    Tahun Akademik:
    Genap 2020/2021
    Kelas-Offr:
    PR-TEP
    Deskripsi:

    Capaian Pembelajaran
    • Konsep dasar multimedia
    • Prinsip-prinsip multimedia
    • Peracanagn multimedia
    • Pengembangan multimedia
    • Validasi multimedia
    Daftar Pustaka:
    • Alessi, S. M., Trollip, S. R., & Alessi, S. M. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed). Boston: Allyn and Bacon.
    • Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). Dubuque, Iowa: McGraw-Hill.
    • Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. Hershey, PA: Information Science Reference.
    • Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed). Cambridge ; New York: Cambridge University Press.
    • Smaldino, S. E. (Ed.). (2005). Instructional technology and media for learning (8th ed). Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill/Prentice Hall.

    PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO
    I Wayan Yoga Pratama

    PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO

    Matakuliah Pengembangan Media Audio membahas tentang media pembelajaran sebagai dasar bagaimana pengembangan desain media yang sifatnya suara (audio). Media yang dikembangkan mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks disusun menurut kerangka skematis menggunakan aplikasi audacity. Di dalam Matakuliah Pengembangan Media Grafis dikembangkan dengan naskah yang tujuannya untuk penyiaran radio sebagai bentuk media pembelajaran yang akan digunakan dalam format audio.